Pentingnya Dokumen ISO 27001 ini dapat dilihat dari seriusnya pemerintah dalam memgadopsi dokumen standar ini di lingkungan pemerintahan.Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Dr. Bambang Setiadi menyerahkan dokumen SNI ISO/IEC 27001:2009 kepada Direktur Jenderal Aplikasi Telematika (APTEL) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dr. Ashwin Sasongko di kantor Kementerian Kominfo. Hadir dalam acara adalah Direktur Standardisasi dan Aplikasi Telematika, Kementerian Kominfo, Ir. Woro Indah Widiastuti.

Kepala BSN dalam kata sambutannya mengatakan, Badan Standardisasi Nasional telah menetapkan adopsi identik dari standar ISO 27001 menjadi SNI ISO/IEC 27001 : 2009 Teknologi Informasi -Teknik Keamanan-Sistem manajemen keamanan informasi (SMKI)-persyaratan. Standar ini dirumuskan oleh Panitia Teknis 03-02 Sistem Manajemen Mutu dengan mengundang sejumlah stakeholder dan pakar terkait.

SNI itu, lanjut Kepala BSN, berlaku bagi semua jenis organisasi (usaha komersial, pemerintah, dan organisasi nirlaba). Dalam standar itu ditetapkan persyaratan untuk penetapan, penerapan, pengoperasian, pemantauan, pengkajian, peningkatan dan pemeliharaan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang terdokumentasi dalam konteks resiko bisnis organisasi secara keseluruhan.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Telematika mengatakan, dengan berkembangnya dunia maya yang sangat besar, hal yang perlu dikembangkan sebagaimana dalam dunia nyata adalah standarisasi teknik keamanan dan sistem manajemen informasi dimana data dan informasi elektronik harus dilindungi oleh para penyelenggaranya.
Senada dengan Dirjen Aplikasi Telematika, Direktur Standarisasi dan Aplikasi Telematika Kementerian Kominfo, Ir. Woro Indah Widiastuti juga mengatakan bahwa produk standar Aplikasi Telematika dirasa sangat strategis dan penting dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan peran serta pentingnya standar ke depan yang mampu memberikan jaminan mutu keandalan informasi dan keamanannya.