PASARBARUBANDUNG, 31 Mei 2012

Beberapa ajakan provokatif untuk melakukan aksi street justice (pengadilan jalannan) mulai terlihat di beberapa sudut kota Bandung. Ajakan yang tidak bertanggung jawab ini diantaranya ditemukan di salah satu pojok jalan Perintis Kemerdekaan Bandung atau Jalan Viaduct.

Sebuah tulisan yang dibuat dengan sangat provokatif di tuliskan dengan sangat rapi di pojok-pojok Jembatan Viaduct.Melihat kerapian pembuatan tulisan dengan teknik sablon yang rapi seperti ini, terlihat bahwa upaya membangkitkan street justice ini dilakukan dengan terencana dengan tujuan tertentu membentuk suasana chaos di tengah negara.

Meskipun terlihat menarik akan tetapi ajakan melakukan street justice tetap bukanlah sebuah solusi yang tepat dilakukan di negara yang memiliki kaidah untuk menegakkan hukum ini. UUD 1945 mengungkapkan bahwa negara Indonesia bukanlah negara yang basisnya kekuasaan (machstaat) semata akan tetapi berbasis hukum (rechstaat), juga bukan negara jalanan yang membenarkan aksi street justice.

Tidak diketahu bagaimana pendapat para petugas negara dan masyarakat melihat tulisan-tulisan seperti ini di sekitar kota bandung. (VIJ)