Strategi mempertahankan pasar MOBIL ASING dilakukan dengan segala macam cara di Indonesia, berbagai upaya dilakukan untuk memukul produk Mobil Indonesia. Berikut ini adalah beberapa cuplikan tentang persiapan pesaing mobil Indonesia di dalam negeri untuk mencegat produksi mobil Indonesia yang sangat murah ini

HONDA BANGUN PABRIK : 1,3 TRILYUN (KLIPING KORAN KOMPAS)

http://autos.okezone.com/read/2012/03/12/52/591594/oc-kaligis-produsen-jepang-khawatir-dengan-esemka

OC Kaligis: Produsen Jepang Khawatir dengan Esemka

Genta Wahyu – Okezone, Senin, 12 Maret 2012 15:46 wib
KARANGANYAR– Pengacara senior OC Kaligis menilai, bahwa gagalnya uji emisi Esemka dikarenakan ada tekanan dari pihak luar mengenai keberadaan calon mobil nasional ini.”Jepang ketakutan bila Esemka lolos dan jadi mobil nasional. Kalau lima persen saja rakyat Indonesia pakai Esemka, maka produk Jepang tidak laku dan harga pasaran otomotif bisa rusak dengan hadirnya mobil Esemka,” jelas OC Kaligis kepada Okezone, Senin (12/3/2012).

Menurut OC Kaligis, ketakutan Jepang dengan hadirnya mobil Esemka ini ternyata mendapatkan dukungan dari pemerintah. Seharusnya, pemerintah mendukung mobil Esemka ini menjadi mobil nasional.

“Kalau sedikit-sedikit pemerintah melindungi kepentingan asing, kapan bangsa Indonesia bisa punya mobil nasional sendri. Apa yang di cari pemerintah, padahal ini justru terang-terangan hasil bangsa sendiri yang pernah dicanangkan di masa Soeharto,” terangnya.

OC Kaligis mengaku sudah memesan mobil Esemka ini. OC juga siap mengemudikan mobil Esemka ini, walau masih gagal uji emisi dan belum mengantongi izin.

“Apa mobil-mobil yang dipakai pejabat ada izinnya? Tidak ada sama sekali ijinnya. Saya siap memakai mobil Esemka walau tak ada izinnya dan gagal uji emisinya. Sayangnya sampai sekarang, mobil pesanan saya belum diantar,” pungkasnya.

(zwr)

http://otomotif.vivanews.com/news/read/237281-2012–mobil-murah-toyota-hadir-di-indonesia

2012, Mobil Murah Toyota Hadir di Indonesia

Mobil murah Toyota ini rencananya akan dibandrol di bawah Rp130 juta.

VIVAnews – Toyota Motor Corporation (TMC) dikabarkan sedang menyiapkan small car atau mobil compact dengan harga murah untuk dipasarkan di tiga negara, yakni China, Brazil, dan Indonesia. Mobil murah Toyota ini rencananya akan dibandrol di bawah Rp130 juta.

Untuk menekan biaya produksi agar lebih efisien, TMC akan memanfaatkan sebagian besar komponen dari Toyota Etios untuk memproduksi mobil murah ini. Etios sendiri telah diproduksi di India. Mobil compact anyar ini bermesin bensin 1.500 cc dan berbanderol di bawah Rp130 juta.

TMC telah memastikan produk baru ini akan hadir di Brazil pada paruh kedua 2012 dengan target produksi 70 ribu unit,  demikian pula dengan Indonesia. Sedangkan, untuk di Cina akan hadir pada 2013. Tentunya hal ini dilakukan dengan meningkatkan market share Toyota di Cina sebanyak 5 persen. Tidak hanya itu, Toyota juga akan menggandeng partner lokal China FAW Group dan Guangzhou Automobile Group guna meningkatkan produknya di negeri tirai bambu itu.

Tak mau kalah, Geely sebagai pabrikan mobil China juga gencar memproduksi mobil murah di pasar Indonesia, seperti hatchback dari Geely, Panda. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp98 juta.

Mobil yang hanya disediakan dengan transmisi manual ini jadi pilihan yang menarik karena modelnya cukup unik. Selain itu, kemampuan mobil ini cukup baik.Terutama jika jarum takometer menyentuh RPM atas.

Pilihan lainnya, yakni Geely LC Cross dengan harga Rp112 juta. Tampilannya yang catchy dan bertenaga membuat membuat mobil ini terlihat garang.

Persaingan mobil murah diprediksi akan semakin sengit dengan kehadiran mobil termurah sejagat, Tata Nano. Dikabarkan mobil buatan India ini akan masuk dan membuka pabrik di Indonesia pada 2013. Pabrik ini bisa memproduksi hingga 50 ribu unit per tahun. Selain Tata Nano, Tata Motors juga berniat merakit mobil niaga seperti Tata Ace.

Mobil mungil asal India ini sudah diekspor ke Sri Lanka untuk dijadikan taksi. Harga Tata Nano langsung melonjak naik hingga hampir tiga kali lipat, akibat tinggi pajak di negeri itu.

Harga Tata Nano di Sri Lanka yang sebenarnya masih tetangga India, dijual sekitar Rp72 juta. Harga tersebut tergolong sangat tinggi. Sebab harga asli Tata Nano standar di India ada US$3.000 atau sekitar Rp25 juta. (Reuters)

• VIVAnews

Mobil Nisan Indonesia Terbaru 2012 Dengan Harga 80 Jutaan

http://carbrocers.blogspot.com/2011/05/mobil-nisan-indonesia-terbaru-2012.html

Tak bisa dibantah, mobil dengan kisaran harga Rp 150 jutaan adalah yang paling laku di Indonesia. Apalagi kalau harganya dibawah Rp 100 jutaan! Nah, celah itulah yang hendak dimanfaatkan Nissan.

Ya, PT Nissan Motor Indonesia mengkonfirmasikan ketertarikannya untuk mengembangkan pasar mobil murah yang efisien dan ramah lingkungan. Bahkan pabrikan Jepang ini akan membuat mobil dengan target harga Rp 80 jutaan!

“Kita serius untuk mengembangkan mobil low-cost dan eco-car, target harganya ya harus bisa dikisaran Rp 80 jutaan, sesuai kemauan pemerintah,” ujar Teddy Irawan, Vice Presiden dan Nasional Sales & Marketing NMI.

Nantinya, Nissan Motor Indonesia akan memngambil bassis mobil tersebut dari Thailand, untuk kemudian dikembangkan di Indonesia, guna memnuhi kebutuhan dan selera konsumen di Indonesia.

“Makanya kita akan membuka pusat riset dan desain di Indonesia, semoga mulai April tahun depan pengembangan mobil ini sudah bisa dilakukan,” ungkap Teddy.

Saat ini, Nissan pun sedang getol-getolnya mendekati pemerintah Indoneia guna menuntut kejelasan regulasi bagi mobil murah yang ramah lingkungan tersebut.

Namun untuk jenis dan harganya, Teddy masih belum mau buka suara. “Pokoknya desain dan fitur, secara keseluruhan harus layak dijual!,” janjinya.